MERIAHNYA SEDEKAH BUMI DESA BAKULAN

Bojonegoro. BAHARANI.ID

Antusias warga desa Bakulan kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro dalam merayakan kegiatan sedekah bumi cukup tinggi. Dimulai sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB pada 25 April 2018, di tepi persawahan tempat berlangsungnya acara di balai punden krapyak gemilang Dusun jeblokan desa Bakulan, kecamatan Temayang kabupaten Bojonegoro.

Hamparan terpal plastik, terpasang di bagian areal persawahan. Tampak banyak warga memadati area sedekah bumi dan jalan di sekitarnya. Tak lama kemudian, sebagian besar di antaranya bapak-bapak, ibu-ibu secara berangsur berdatangan berkumpul berbaris memanjang di jalan beralaskan terpal tersebut. Dengan diiringi ucapan do’a melalui juru kunci dan tokoh masyrakat setempat.
Sebagian di antaranya datang dengan membawa nasi tumpeng, dan sejumlah makanan khas desa setempat dengan jodhang (tempat menyimpan makanan khas jawa,red).

Rutinitas acara sedekah bumi telah dilestarikan setiap tahunnya oleh warga setempat. Acara sedekah bumi berlangsung hingga pagelaran seni tayup di malam harinya.

Sementara itu, kepala desa Bakulan kecamatan Temayang Syafari kepada baharani .id mengatakan, “Bahwa acara sedekah bumi merupakan tradisi dan budaya turun temurun.

Di zaman modern ini, sedekah bumi berperan sebagai sarana pengenalan kepada kaum muda agar tradisi tetap dilestarikan walaupun di era modernisasi. “Ini adalah sebuah perwujudan Revolusi Mental yang sesungguhnya. Kita bimbing pemuda-pemuda desa agar tidak lupa dengan adat dan budaya”, ungkap kepala desa Bakulan. (Zul)