KUNKER DIRJEN PERIKANAN TANGKAP DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU.

Maluku – Aru, BHARANI.ID

Direktur jenderal perikanan tangkap Sjarief Widjaja kamis 3/5/2018 melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Kepulauan Aru dalam rangka melihat langsung pembangunan fasilitas Pelabuhan pendaratan ikan (PPI) juga melakukan tatap mukan langsung dengan para nelayan lokal di kabupaten ini, dirjen juga berjanji akan memberi bantuan kapal bermuatan grose tone (GT) 5 sampai 30 GT dengan fasiltas alat tangkap yang memadai sehingga nelayan lokal dapat meningkatKan hasil tangkapanya.

Dalam tatap muka dengan dirjen, para nelayan lokal menyampaikan keluhan bahwa sejak beroperasinya kapal kapal forzein di laut arafura mengakibatkan
Hasil tangkapan mereka berkurang sehingga nelayan lokal merugi. Dirjen berjanji akan mencarikan solusi terkait keluhan nelayan dan mengajak para nelayan untuk membuat kelompok-kelompok nelayan dalam bentuk koperasi nelayan sehingga bantuan yang akan di salurkan nanti kepada nelayan lokal agar dapat tepat sasaran dan terorganisir.

Nelayan juga mengeluhkan sulitnya nelayan mendapatkan BBM solar untuk mereka melaut kalaupun ada, nelayan membeli dengan harga yang tinggi tidak sesuai dengan harga subsidi dari pemerintah. Belum lagi dalam mengurus sertifikat karantina kesehatan kapal sangat mahal membuat nelayan terbebani. Dirjen katakan dalam waktu dekat nelayan tidak akan sulit lagi membeli minyak untuk melaut karena di PPI akan di bangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). Dan pelabuhan PPI ini akan di perbesar dan fasilitasnya dilengkapi

Setelah habis tatap muka dengan para nelayan di halaman depan kantor Bupati dirjen melanjutkan pantauan langsung ke pelabuahan PPI belakang wamar dobo melihat langsung kapal -kapal yang sementara berlabuh di areal pelabuhan.
(Andi Subrandi)