Cinta dan Peduli Lingkungan, Kodam Bersama Kementerian LHK Bersihkan Pantai Tanjung Benoa

Denpasar- BHARANI.ID

Jumat, 11 Mei 2018, Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan melaksanakan Karya Bhakti dengan membersihkan lingkungan Pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Kegiatan ini diikuti oleh 3000 orang personel Kodam IX/Udayana, Polda Bali, Pemda Provinsi Bali, Pemda Kabupaten Badung, pelajar dan masyarakat Tanjung Benoa, Nusa Dua, bekerja sama melaksanakan pembersihan di Pantai Tanjung Benoa.

Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, bertindak sebagai pimpinan kegiatan, mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto., S.I.P, membacakan sambutan Pangdam yang intinya menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Kabupaten Badung atas kerjasama ini serta segenap komponen masyarakat yang sudah datang dengan ikhlas mengikuti karya bhakti ini sebagai wujud nyata kerjasama antara Kodam IX/Udayana dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Kabupaten Badung.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke- 61 Kodam IX/Udayana, dan membantu pemerintah daerah serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta meningkatkan interaksi antara TNI-Polri, Instansi Pemerintah dan masyarakat dalam rangka Kemanunggalan TNI dengan rakyat sekaligus sebagai kegiatan Coastal Clean Up Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali Nusra menjelang pelaksanaan Annual Meeting IMF di Nusa Dua Bali. Oleh karena itu diharapkan karya bhakti ini mencapai hasil yang maksimal.

Sementara itu, Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Hukum Dan Politik Kabupaten Badung, Bapak Ketut Merta, menyampaikan terimakasih atas terpilihnya Pantai Tanjung Benoa ini sebagai sasaran kegiatan Karya Bhakti. Pantai-pantai di wilayah Kabupaten Badung merupakan objek tujuan wisata yang sangat dominan bagi wisatawan. Di samping itu Kabupaten Badung sedang mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan IMF di Nusa Dua. Karena itu kebersihan pantai harus dijaga.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Lingkungan Hidup Dan Kehutanan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Coastal Clean Up (CCU) di Provinsi Bali ini sangat penting karena Bali merupakan salah satu objek wisata strategis nasional yang ditopang oleh wisata bahari, sehingga kualitas lingkungan pesisir dan laut menjadi persyaratan yang utama.

Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat Kodam IX/Udayana antara lain, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Staf Ahli, Asisten, LO-AL, LO-AU, para Kabalak Kodam, Dirjen Pencemaran KLHK, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Kepala P3E Bali dan Nusra, Kadis Kemaritiman Provinsi Bali, Kadis Perikanan Provinsi Bali, FKPD Provinsi Bali dan sejumlah pejabat terkait lainnya.(Zulkarnain)