HASIL SURVEY JSN BAILEO UNGGUL

Maluku. bharani.id

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Murad ismail – Barnabas Orno “BAILEO” dalam rilis survey Jaringan survei Nusantara (JSN) senin kemarin 14/5/18 kepada wartawan menempatkan pasangan ini unggul nanti di pilkada maluku 27 Juni 2018 mendatang Mengalahkan dua pasangan lainya Said Asagaf – Andre Rentanubun “SANTUN” Herman Koedoboen – Abdullah Vanath “HEBAT”

Pasangan jargon “BAILEO” yang di usung Koalisi “gemuk” PDI Perjuangan, Garindra, PAN, Nasdem, Hanura, PKB, PKPI, PPP dan Perindo berada diposisi puncak (menang) dengan hasil 24,30 persen, menempel diposisi ke-dua yakni pasangan incumbent ” SANTUN” yang diusung: Partai Golkar, Demokrat, dan PKS Hasilnya 22,70 persen dan pasangan “HEBAT” dijalur perseorangan berada diposisi ke tiga dengan hasil 21,60 persen.

Direktur Riset JSN Dafit Zuhendra mengatakan keunggulan “BAILEO” didukung pelbagai variabel salah satunya mesin partai pengusung dan pendukung. survey JSN ini digelar 7 mei 2018 lalu dengan metode pendekatan interview dan tatap muka di 11 Kabupaten/Kota dengan sistim acak dari 600 responden berusia 17 tahun keatas. Hasilnya, mayoritas rakyat Maluku menginginkan Gubernur baru. Selain petahanan dengan margin eror 4 persen.

Isu sentral ketidak inginan masyarakat memilih petahan yakni kemiskinan dan pengangguran” kita juga lakukan survey terkait gubernur saat ini versus ganti gubernur. ada 55 persen inginkan ganti gubernur atau gubernur baru,” Paparnya.

Dijelaskan, keakuratan hasil survey yang dilakukan peneliti JSN telah diuji sejak data penelitian dikumpulkan. dimana JSN kembali menurunkan peneliti nasional untuk melakukan witnes dan spotchek di 20 persen responden. Setelah data terkumpul dari tanggal 1 sampai 7 Mei kami melakukan quality control terhadap survey dengan menurunkan kembali peneliti nasional dan tak ada kesalahan berarti baik metode maupun human eror berjalan dengan baik. dan Kesimpulan dari hasil servey mayoritas warga maluku inginkan ganti Gebernur, pasangan Murad – Barnabas berpeluang menangkan Pilkada Maluku “jelasnya. ( BAMBANG ANAKODA)