Upacara Peringatan Harkitnas di Alun alun Bojonegoro

Bojonegoro – bharani.id

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 110, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar upacara di alun-alun Bojonegoro, Senin (21/05/2018).

Upacara Harkitnas tahun ini mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital”. Adapun yang bertindak selaku inspektur upacara adalah Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh. Redinal Dewanto, sedangkan Komandan Upacara adalah AKP Suharjo Kapolsek Gayam.

Selaku inspektur upacara, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh. Redinal Dewanto membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika mengajak meningkatkan semangat dan komitmen bersatu dalam cita-cita yang sama yaitu kemerdekaan bangsa.

Menurut Menkominfo dalam amanat upacara tersebut, persatuan adalah kata kunci menggapai cita-cita yang sangat mulia. Namun pada saat yang sama, tantangan ke depan juga jauh lebih kuat.

Menkominfo mengingatkan bagaimana Boedi Oetomo memberikan teladan bagaimana berkumpul dan berogranisasi tanpa melihat asal usul primordial, akhirnya dapat mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme untuk mencapai kemedekaan. Boedi Oetomo adalah penanda utama bahwa bangsa indonesia untuk pertamakalinya menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan.

“Para pendahulu yang berkumpul dalam organisasi-organsiasi seperti Boedi Oetomo itu memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa melalui organisasi,” ucap Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh. Redinal Dewanto.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat indonesa, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang yang ada dalam meningkatkan kapasitas diri.

“Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing sesuai lingkup tugas masing-masing, semaksimalkan mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli usai pelaksanaan Upacara menyampaikan bahwa, peringatan Hari Kebangkitan Nasional akan dijadikan momentum untuk mengajak anggotanya menigkatkan semangat dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

“Kami sebagai pelayan masyarakat akan tetap bersemangat dalam bekerja, sebagaimana semangat para pendahulu,” ucap Kapolres.

Seusai Upacara, dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di TMP Bojonegoro yang diikuti oleh Forpimda, anggota Bhayangkari, dan juga anggota yang lain.(Zul)