Saling Klaim Sebidang Tanah,Seorang Pria Tega Menghabisi Nyawa Saudaranya

Kupang – bharani.id

Pembunuhan sadis terjadi di Dusun III, Desa Nekmese, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Stefanus Ora,pria 48 thn nekat membacok tetangganya, Kusnawi Bani ,pria 63 thn, tepat di bagian leher dengan menggunakan sebilah parang.

Kejadiannya tepat pada pukul 09.00 WITA pelaku medatangi rumah korban dengan membawa sebilah parang, setibanya dirumah korban pelaku memanggil korban untuk menunjukan batas – batas tanah yang diklaim menjadi milik korban namun korban mengatakan kepada pelaku “Beta sonde tau” (saya tidak tau) pelaku marah kemudian memotong kepala korban hingga putus kemudian membawa kepala korban ke kantor Desa Nekmese.

Kasat Reskrim Polres Kupang, Iptu Simson L Amalo mengatakan, pembunuhan itu terjadi di belakang rumah korban, Sabtu, 9Juni 2018. Ora sebelumnya menyiksa Kusnawi dengan kayu. Dan mengakhiri penganiayaannya dengan menebas kepala Kusnawi hingga putus.

Menurut  saksi yohanes , latar belakang pembunuhan adalah dendam. Pemicunya masalah tanah yang hendak digunakan Ora untuk membangun rumah bantuan dari pemerintah daerah.

“Mereka saling klaim sebidang tanah. Keduanya sempat dimediasi oleh kepala desa, namun tidak menghasilkan titik temu,” ujar yohanes

Penyelesaian konflik lahan menjadi sulit karena sertifikat kepemilikan belum jelas. Di tanah tersebut juga terdapat pohon jati yang ditanam bersama kedua pihak. “Pelaku dan korban adalah bersaudara,” kata yohanes

Usai membunuh, Stefanus kemudian menyerahkan diri ke Markas Polsek Amarasi.dan saat ini pelaku sudah diamankan ke Mapolres Kupang untuk penyelidikan lebih lanjut.(andy)