Warga Desa Sumberkolak Mengadu Ke Gp Sakera Terkait Sengketa Tanah

Situbondo – bharani.id

Warga Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo datang ke Kantor GP Sakera (Gerakan Perlawaan Situbondo Anti Korupsi Edukasi, Resistensi dan Advokasi) Situbondo untuk mengadukan tanah milik neneknya yang sudah dibeli oleh pihak ketiga, Rabu (04/07).

Pengadu yang datang beserta keluarga besarnya ditemui langsung oleh Ketum Gp Sakera Syaiful Bahri beserta anggotanya Ahmad Fatoni, Ila dan Nia.

Pengadu membeberkan bahwa hal tersebut berawal dari cek cok saat ada dari pihak BPN akan mengukur tanah kami, yang mana didampingi oleh babhinkamtibmas dan babinsa Kecamatan Panarukan. Namun hal itu kami tolak karena ini tanah milik warisan nenek kami.

Pihak keluarga menjelaskan “kami sebagai orang awam bingung harus melakukan tindakan yang bagaimana. Dan akhirnya melalui orang lain kami disuruh mengadukan hal tersebut pada Gp Sakera untuk meminta bantuan hukum”.

“Karena tanah tersebut memang asal usulnya punya nenek kami dan sebagai ahli waris kami sekeluarga tidak pernah menjual tanah tersebut kepada orang lain”, ucapnya.

Ketum Gp Sakera Situbondo, Syaiful Bahri mengatakan, “Saya akan verifikasi dulu melalui Tim Verifikasi Gp Sakera sebelum mengambil langkah selanjutnya”.

Bang Ipoel panggilan akrabnya menambahkan, “Namun kalau memang betul hal tersebut benar. Sesuai syariat Islam tanah waris wajib hukumnya untuk diperjuangkan. Dan Gp Sakera siap mendampingi hingga proses hukum”, tegasnya.

( VICKY/ARIF/ANDI )