Kejahatan Fidusia Dan Penipuan Terhadap PT. Wom Finance

MAKASSAR – bharani.id Sulsel

Petugas Reskrim Polsek Panakkukang mengamankan seorang ibu bernama Roslina (50) lantaran diduga kuat melakukan tindak pidana kejahatan fidusia dan penipuan terhadap PT. Wom Finance.

Kapolsek Panakkukang, Kompol Ananda Fauzi Harahap menjelaskan, pelaku ditangkap usai terbukti melakukan pemalsuan BPKB dari kendaraan yang fiktif atau sebenarnya tidak pernah ada.

Bermohon dengan pinjaman sebesar 70 juta dengan jaminan BPKB palsu tersebut ke PT. Wom Finance sehingga dieksposisi dan menerima pencairan dana tersebut.

“Yang pertama barang bukti yang sangat diduga palsu adalah BPKB dan sudah kita lakukan pengecekan bahwasanya BPKB ini palsu yang di-scan,” ujar Ananda di Mapolsek Panakkukang, Jumat (22/2/2019).

Pelaku juga diduga melakukan sejumlah pemalsuan dokumen seperti rekening koran listrik, alamat fiktif dengan memalsukan tandatangan pemerintah setempat.

Untuk melancarkan aksinya, Roslina bekerja sama dengan seorang pria berinisial TP serta seorang Surveyor PT. Wom Finance berinisial A. Kedua pria tersebut saat ini masih pencarian oleh petugas.

Dengan mempertanggung jawabkan perbuatannya itu, Roslina dijerat Pasal 35 UU RI nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun.

Pelaku juga dijerat Pasal 378 juncto Pasal 372 Subbsider 263 KUHP dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara. (DL)