KOTA BATU BENTUK SATGAS PENGAMANAN BANSOS

BATU – bharani.id JAWA TIMUR 5/3/2019

Koordinator PKH Dinsos Kota Batu Ainur Trihana ketika di temui di ruangannya untuk Pengamanan Bantuan Sosial di Kota Batu terbentuknya Satgas yang beranggotakan dari Dinas Sosial Kota Batu dan Polres Batu bergerak untuk memantau dan mengamankan penyaluran dana bantuan sosial agar tidak diselewengkan dan tepat sasaran.


Satgas ini terbentuk setelah menindak lanjuti kerjasama antara Kementerian Sosial dengan Polri pada 11 Januari lalu.


Dana Bansos pusat yang disalurkan ke daerah ada beberapa program seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).


Koordinator PKH Dinsos Kota Batu Ainur Trihana menjelaskan sejauh ini tim sudah bergerak di lapangan. Namun Dinsos Kota Batu masih belum mendapatkan petunjuk teknis dari Kemensos terkait tupoksi pergerakan Satgas ini.


Ainur mengatakan jika pihaknya akan segera bergerak setelah adanya petunjuk dari Kemensos, Dari kepolisian sudah bekerja juga maka dengan ini harus dipantau karena dana yang dikucurkan langsung dari pusat dan kami mengikuti pentunjuk Kemensos sesuai Juknis”, katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Batu, Lilik Fariha menambahkan Polisi memiliki tupoksi untuk menciptakan keamanan yang kondusif dan menegakkan hukum.


“Kalau kami, ya bagaimana kami memfasilitasi tersalurnya dana bansos ke penerima yang layak. Ini dari APBN bukan APBD,” katanya.


Dinsos Kota Batu telah melakukan koordinasi dengan Polres Batu.

Hal ini dilakukan untuk menyamakan persepsi. Dari data nasional, ada Rp 34.6 T yang dikucurkan dari pusat ke daerah.
Dketahui untuk di Kota Batu sendiri, ada 4300 Kepala keluarga yang mendapat BPNT. Kemudian ada 3036 yang menerima bantuan PKH.


Dengan adanya satgas ini harapannya bantuan yang disalurkan nanti bisa bermanfaat banyak sehingga dapat mengentaskan kemiskinan di Kota Batu.

Bantuan yang disalurkan memang dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Batu.(Bas/ Rosi)