Inovasi SIM OCU dan Delivery Service Satlantas Kampar Diapresiasi Masyarakat

KAMPAR – bharani.id RIAU Jumat (15/3/2019)

Sejak diluncurkannya program Inovasi SIM Ocu (Online, Cepat, mUdah) beberapa bulan lalu oleh Satlantas Polres Kampar, hingga kini program Aplikasi ini terus berjalan dan semakin banyak diakses oleh pemohon SIM pada Satpas (Satuan Pelaksana Administrasi SIM) Polres Kampar.

Program Aplikasi ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat, dengan mendownload Aplikasi Sim Ocu ini calon pemohon Sim bisa mendaftar dan mengisi formulir secara online sehingga tidak perlu antri di loket pendaftaran.

Setelah pengisian formulir online secara lengkap, pemohon Sim akan diberi kode Verifikasi dan tinggal melapor ke Loket pelayanan Sim di Satlantas Polres Kampar dengan menyerahkan dokumen berupa foto copy KTP, Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Lulus Tes Psycologi dari Klinik Polres Kampar.

Setelah itu bagi Pemohon Sim baru akan mengikuti Ujian Teori dan Ujian Praktek SIM, untuk pemohon kategori perpanjangan bisa langsung melakukan Foto Sim dan tinggal menunggu pencetakan Sim-nya, pembayaran PNBP untuk Sim bisa dilakukan pada loket pendaftaran dengan petugas yang telah ditunjuk oleh pihak Bank penerima.

Untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan mengurus SIM, Satlantas Polres Kampar juga menyediakan mesin fotocopy gratis bagi pemohon SIM, semua Inovasi ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan SIM serta dapat menghemat waktu yang diperlukan.

Bukan itu saja, beberapa waktu lalu Satlantas Polres Kampar kembali meluncurkan Inovasi SIM Delivery Service, dimana untuk pemohon SIM yang sudah selesai mengikuti proses pengurusan dapat kembali ke rumah atau tempat Kerjanya, dan SIM yang bersangkutan akan diantarkan kealamatnya tanpa biaya tambahan.

Untuk SIM Delivery Service, saat ini baru melayani untuk pemohon yang berasal dari wilayah Kota Bangkinang dan beberapa Kecamatan terdekat saja dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Fauzi SH MH saat dikonfirmasi tentang Inovasi ini menyampaikan, bahwa program ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan SIM dengan meminimalkan waktu yang diperlukan, jelas Fauzi.

Diharapkan dengan adanya Inovasi ini akan lebih meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalulintas, ungkap Kasat Lantas.

Sementara itu salahsatu pemohon SIM yang sempat dikonfirmasi setelah pengurusan SIM pada Satlantas Polres Kampar hari ini sdr. Asrul seorang ASN di Pemda Kampar, beliau menyampaikan bahwa dirinya sangat puas atas pelayanan SIM di Satlantas Polres Kampar ini karena prosesnya tidak lama.

Selain itu ia juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Satlantas Polres Kampar, hal ini disampaikannya langsung saat menerima SIM yang baru diurusnya yang diantarkan oleh petugas Sim kekantornya.***(mirza/dy)