Sosok AKP Anita Taherong Menjabat Sebagai Kasat Reskrim di Polres Pangkep

PANGKEP – bharani.id SULSEL

Kasat Reskrim di Polres Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) pertama kalinya dipimpin oleh seorang Perwira Polisi Wanita (Polwan) yang bernama AKP Anita Taherong yang mana Kasat Kasat di Reskrim sebelumnya di Polres Pangkep selalu dipimpin oleh seorang pria.

Kapolres Pangkep melakukan serah terima jabatan kepada sejumlah perwira di halaman Mako Polrs Pangkep, Jalan Cendana Kelurahan Padoang doangan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel

Pejabat yang berganti yakni Kasat Lantas AKP Fitriawan digantikan oleh AKP Mamat Rahmat, Kasat Reskrim Nico Ericson Reinhold digantikan AKP Anita Taherong, Kapolsek Minasatene AKP Hari Suwita digantikan IPTU Abdul Halim Lau, serta Kapolsek Bungoro dijabat oleh AKP Hari Suwita yang sebelumnya menjabat kapolsek Minasatene.

Meski dijabat oleh seorang Polisi wanita kemampuan kasat Reskrim AKP Anita Taherong tidak dapat di pandang sebelah mata, hal ini bisa kita lihat dari track record dan kinerjanya selama ia menjabat sebagai kasat reskrim disejumlah daerah di sulawesi selatan yang menunjukan prestasi yang cukup gemilang.

Sosok AKP Anita Taherong ternyata memiliki seabrek prestasi. Sebagai Polisi Wanita (Polwan), Anita Taherong mampu mengubah paradigma jika seorang polwan juga bisa disejajarkan dengan tugas-tugas pria.Anita Taherong, ST, SH merupakan seorang abdi negara yang low profil, namun syarat dengan prestasi.

Diantara prestasinya tersebut diantaranya penutupan tambang galian C yang terdapat di kecamatan Ujung Loe, pengungkapan sejumlah kasus pencurian ternak di Bulukumba, termasuk penangkapan pelaku judi sabung ayam di Wilayah Tanete sewaktu menjabat Kapolsek Bulukumba.

Anita juga berhasil mengamankan 5.600 detonator Bom di Dermaga sewaktu menjabat Kapolsek Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Selain itu Ia juga berhasil dalam pengungkapan peredaran Narkoba jaringan Internasional di pelabuhan Soetta dengan barang bukti 900 gram sabu-sabu pada tanggal 8 Desember 2016 lalu saat menjabat Kapolsek pelabuhan Soetta Polrestabes Makassar.

Sederet prestasi yang membanggakan inilah yang mengantarkan polwan alumni angkatan Sekolah Bintara (Seba) PK polwan Ciputat ini dipercaya menjabat Kasat Reskrim Polres Sidrap. di Sidrab pun Anita berhasil mengungkap sejumlah kasus seperti Narkoba dan kasus penipuan mobil murah yang merugikan sejumlah warga ratusan juta rupiah.

Anita kemudian digeser kembali menjadi Kasat Reskrim Polres Wajo, disana anita juga berhasil mengungkap kasus pembunuhan satu keluarga dan kasus pemerkosaan gadis tuna rungu dan tuna wicara di SLB Wajo

AKP Anita Taherong lahir di Bulukumba 20 Juli 1982,Anita memulai karirnya sebagai Bintara Polri di BA Bidang Binkum Polda Sulsel, lulus dari sekolah perwira Seleksi Pendidikan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri

Tentunya mendapat tempat tugas baru selaku Kasat Reskrim di Polres Pangkep, membuat dia tak canggung lagi menghadapi tugas selaku Kasat di Pangkep.

Sebab jabatan selaku kasat tersebut sudah dijalaninya sejak 28 Desember 2016 silam hingga sekarang. (Aldy/DL)