Atlet AAL Rebut Medali Perak Dan Perunggu Lomba Layar NOWST 2019

JAKARTA – bharani.id D K I

Atlet Layar Akademi Angkatan Laut (AAL) berhasil merebut
medali perak dan perunggu pada lomba intern TNI Angkatan Laut, setelah memasuki finish diurutan kedua kelas Laser 4.7 Putri atas nama Eka Putri Ratiyan dan urutan ketiga kelas Laser Standar Putra atas nama Lendi Eko Fernando, even Kejuaraan Nasional Navy Open Water Sports Tournament (NOWST) 2019 Indonesia National Sailing Center di perairan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Menurut Kolonel Marinir Drs. Sonny Kunila yang sehari-harinya bertugas di AAL dan menjabat Kepala Departemen Jasmani AAL, bahwa pada hari ini NOWST 2019, Kamis (25/7), dari Dua cabang olah raga pada intern TNI Angkatan Laut yang diikuti atlet AAL, baik selam maupun layar, atlet layar AAL berhasil merebut mandali perak dan mendali perunggu.

“Saya sangat bangga kepada atlet AAL, sampai saat ini masih masih kuat dan mampu mengalahkan atlet – atlet layar lain pada ajang intern ini dan berharap akan terus mendulang mendali di ajang kedepannya,” ujarnya.

Navy Open Waters Sport Tournament 2019 dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di Indonesia Jet Sport Boating Association (IJBA) Jet Ski Ancol Jakarta Utara.

TNI Angkatan Laut menyelenggarakan lomba olahraga perairan yang bertajuk Navy Open Water Sports (NOWS) Tournament 2019 yang dilaksanakan di beberapa vanue yaitu Pantai Mutiara Pluit, Sea Front Ancol, Pondok Dayung, Perairan Tanjung Priok, dan Danau Sunter, Jakarta Utara mulai tanggal 23 s.d. 27 Juli 2019.

Cabang olahraga yang dilombakan yaitu Layar, Dayung, Ski Air, Selam, dan Jet Ski serta diikuti oleh 1.420 atlet, baik dari TNI termasuk Akademi Angkatan Laut, maupun Polri dan umum.

Lendi Eko Fernando merupakan Taruna AAL berpangkat Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar), sedangkan Eka Putri Ratiyan merupakan putri anggota AAL.

Sebelum pelaksanaan berlangsung, atlet AAL juga telah mendapatkan briefing tentang persiapan dan hal-hal yang harus diantisipasi, baik oleh Komandan Resimen (Danmen) AAL Kolonel Laut (P) Isswarto maupun oleh Kepala Departemen Tenaga Pendidik (Kadepgadik) Kolonel Laut (E) Kasito, S.T. serta oleh Kepala Departemen Jasmani (Kadepjas) Kolonel Marinir Drs. Sonny Kunila.

Navy Open Water Sports Tournament 2019 adalah kegiatan olahraga perairan yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut setiap dua tahun sekali dalam rangka pembinaan personel TNI Angkatan Laut maupun masyarakat umum dibidang olahraga perairan, untuk mendukung TNI Angkatan Laut dalam menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan pertahanan wilayah laut.

Tujuan NOWS Tournament 2019 adalah untuk membangun dan menumbuhkembangkan budaya kepada masyarakat Indonesia memiliki jiwa, kepribadian serta kecintaan terhadap tanah air sebagai bangsa maritim yang besar. ***(mirza/rls)